Minggu, 23 Maret 2014

IT GOVERNANCE


IT Governance merupakan sebutan lain dari ICT Governance. Menurut Weill dan Ross (2004) IT Governance adalah wewenang dan tanggung jawab secara benar dalam menetapkan suatu keputusan untuk mendorong perilaku penggunaan teknologi informasi pada perusahaan.

Sementara itu, Henderi et. all (2008) mendefinisikan IT Governance adalah keputusan yang benar dalam bingkai yang bisa di minta pertanggungjawabannya untuk mendorong keinginan dan kebiasaan penggunaan teknologi informasi.
IT Governance merupakan usaha mensinergikan peran IT dan governance dalam mencapai sasaran dan tujuan perusahaan atau organisasi. IT fokus kepada teknologi sementara governance fokus kepada tata kelola. IT Governance merupakan tanggung jawab dari Dewan Direktur dan Manajemen Eksekutif.

Alasan Penerapan IT Governance
Menurut ITGI (Information Technology Governance Institute) dalam publikasinya tentang: IT Governance Executive Summary, dijelaskan ada beberapa alasan mendasar yang membuat IT penting bagi organisasi, yaitu:
u  IT memiliki kontribusi langsung pada market value
Faktor pendorong pentingnya IT disini adalah nilai informasi. Informasi dan asset tak berwujud lainnya (seperti: SDM, merek, manajemen yang berkualitas, dsb) saat ini merupakan bagian dari sumber keunggulan kompetitif dan kebanyakan asset ini selalu berada disekitar IT. Penggunaan IT telah menjadi business enablement dalam networked marketplace yang terus meningkat.
u  IT diperlukan dalam pencapaian sasaran bisnis
u  Sasaran bisnis tidak dapat dicapai tanpa dukungan IT yang berkelanjutan, efektif dan efisien.Realitas ini didasari oleh beberapa situasi seperti:
u  Perusahaan/organisasi tidak mampu untuk exist tanpa IT, contohnya, pada perusahaan penerbangan, bank, komunikasi, media perusahaan lainnya yang IT dependent.
u  Ketergantungan perusahaan/organisasi pada model bisnis yang didukung IT untuk supply chain management
u  Ketidakmampuan untuk mendukung arus pendapatan tanpa otomisasi
u  Ketidakmampuan untuk patuh dengan regulasi atau tingkat layanan tanpa IT
u  IT melibatkan investasi yang besar disertai dengan berbagai risiko
Tidak tercapainya sasaran bisnis adalah resiko dasar dan yang penting dari IT. Untuk mengelola resiko yang ada, maka diperlukan investasi yang besar pada pengelolaan IT untuk proses risk management.

Tujuan IT Governance
          Conformance Objective (Penyesuaian)
          Pengiriman dan Penerimaan Data

Pemangku Kepentingan dalam IT Governance
          Board and Executive
          Business Management
          IT Management
          IT Audit
          Risk and Compliance

Proses Good IT Governance

Langkah langkah menerapkan IT Governance
u  Adanya intruksi dari atasan
u  Menyediakan sumber daya
u  Mendidik untuk menjalankan best practies
u  Memasarkan value proposition dan benerfit dari IT Governance
u  Membuat kerangja kerja dan mengembangkannya
u  Pemetaan proyek tata kelola IT berdasarkan best practies

u  Mengukur tingkat kematangan IT governance yang sekarang

0 komentar:

Posting Komentar